Bertani Secara Hidroponik Banyak Manfaatnya

hidroponik jogja

Komunitas Hidroponik  Jogja (Hi-Jo) menggelar pelatihan Bertani Secara Hidroponik di rumah salah satu pengurus komunitas Hi-Jo kawasan Mlati, Sleman, Minggu (25/5/2014). Pelatihan ini diikuti 60 peserta antara lain berasal dari Yogyakarta, Jawa Barat, Bali, Sragen, Klaten dan Muntilan.

Menurut Ketua Hi-Jo, Bayu Widhi N, jumlah anggota komunitasnya saat ini sekitar 400 orang, baik anak-anak muda sampai orang tua (sudah pensiun). Semua sudah tergabung  dalam grup Facebook dan rutin menjalankan komunikasi. Secara rutin dijadwalkan mengadakan pertemuan di darat (kopdar) sekadar kumpul-kumpul maupun mengadakan pelatihan. “Kegiatan wujud pelatihan seputar hidroponik, paling tidak kami usahakan setiap tiga bulan sekali,” jelas Bayu ditemui di sela-sela kegiatan.

Peminat hidroponik, lanjutnya, diprediksi akan semakin banyak, sebab sistem ini tidak membutuhkan lahan luas untuk bercocoktanam. Hasil dari panenan minimal dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, namun jika berlebih dapat dijualbelikan. Media tanam hidroponik tanpa menggunakan tanah, tapi dapat berwujud air yang diberi nutrisi hidroponik, kerikil, pasir, spon atau gel. “Yang ingin ikut pelatihan ini sebenarnya lebih dari 60 orang, tapi mengingat tempatnya tidak luas, maka kami tutup setelah 60 peserta,” imbuhnya.

Sebagai nara sumber pelatihan, yakni praktisi hidroponik asal Wonogiri, Heru Agus Hendra. Dalam kesempatan ini antara lain mengungkapkan manfaat penting yang dapat diperoleh dengan menerapkan hidroponik. Selain produksi tanaman lebih tinggi, manfaat lainnya seperti  tanaman dapat tumbuh lebih cepat, pemakaian pupuk lebih hemat dan peluang terserang hama/penyakit lebih rendah. “Kualitas daun, bunga atau buah juga lebih sempurna dan tidak kotor. Ditambah lagi pengerjaannya lebih mudah dan tidak memerlukan banyak biaya maupun waktu,” jelasnya.

Ditambahkan Heru, jika ingin mengikuti konsep seperti di Jepang, media tanam wujud pasir dan kerikil cocok digunakan untuk tanaman hias dan bonsai, misalnya kamboja dan kaktus. Sedangkan media tanam wujud spon dan air bernutrisi cocok untuk sayuran, apotik hidup dan bunga hias. Tanaman sayuran antara lain jenis kangkung, sawi, terung, tomat, selada dan cabe. Nutrisi yang dicampurkan air antara lain dapat dibeli di kios-kios pertanian maupun beberapa praktisi budidaya tanaman hidroponik. “Semakin rutin kita menerjuni hidroponik, akan semakin menyenangkan dan piawai mengatasi kendala yang menghadang,” ungkapnya.

 

Sumber: LINK

Comments

comments

2 Comments on Bertani Secara Hidroponik Banyak Manfaatnya

  1. Klo saya (kami) berkunjung ke jogja, bolehkah kami berkunjung ke sentra hidroponik/berlatih secara singkat tentang hidroponik

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*