Liputan: Green House Hidroponik di Prambanan

“Terus belajar dan praktek….belajar dan praktek…”

Kurang lebih kalimat seperti itu yang sering diucapkan oleh Pak Agung sewaktu kami berbincang-bincang masalah hidroponik di green house miliknya. Beliau belum ada setahun menekuni hobby hidroponik ini, namun untuk masalah praktek dan belajar, Pak Agung sudah pergi  kemana-mana khusus untuk belajar Hidroponik. Dan tidak hanya belajar saja, begitu selesai belajar hal baru tentang hidroponik, maka langsung dipraktekkan, hal itu bisa dilihat dari kebun Hidroponiknya yang sudah beberapa kali mengalami perombakan. Mari kita intip bareng-bareng:

perbaikan instalasi hidroponik

Green House milik pak Agung berada di rooftop (Lantai 3) dari sebuah bangunan yang digunakan untuk gudang sekaligus rumah makan. Luas green house ini ± 200 m², dengan rangka dari besi. Atapnya menggunakan fiber dan dibawahnya diberi paranet untuk mengurangi panas di siang hari. Untuk tutup samping menggunakan screen net berwarna hijau.

cabe NFT

Sistem hidroponik yang dipakai di Green House ini adalah NFT, baik itu type A maupun yang type B. Untuk jenis sayurannya sangat bermacam-macam dari sayuran daun maupun buah.

rosemariSage

sweet basilSweet Basil

peterseliPeterseli

pak choy hidroponik jogjaPak Choy Hijau

zuchini dan brokoliZucchini dan Brokoli

cabeCabe dengan sistem NFT

tomat NFT 2Tomat dengan Sistem NFT

tomat NFTTomat dengan Sistem NFT

cabe rawitCabe Rawit dengan sistem NFT

semai selada tempat semai semaiTempat untuk menyemai.

Selain untuk hobby, tujuan Pak Agung membuat green house ini adalah untuk mencukupi kebutuhan resto miliknya dan harapan ke depannya bisa supply ke resto lain. Semua jenis sayuran sudah pernah dicoba dan dipelajari di green house ini, namun ada persoalan besar yang masih menjadi PR bagi pak Agung yaitu suhu udara yang sangat tinggi yang memungkinkan akan mengganggu pertumbuhan sayuran. Maka dari itu, pak Agung masih terus belajar dan bereksperimen supaya bisa mendapatkan formula maupun sistem yang paling cocok yang nantinya akan diterapkan di Green House ini.

suhu perbaikan instalasi hidroponik 2

“Hidroponik itu kalau dipelajari bakalan luas banget, dari mulai cara menyemai, cara membesarkan, bahkan setelah panen pun kita harus memikirkan pemasarannya, maka dari itu kita harus tetap belajar dan praktek” ungkap Pak Agung.

Semoga terinspirasi 🙂

======================================================================

Nama Pemilik: Yustinus Agung Nugroho (Owner Mendem Duren)

Alamat Green House: Jl. Prambanan-Piyungan No.73, Klurak Baru, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta

Comments

comments

1 Comment on Liputan: Green House Hidroponik di Prambanan

  1. Dear Pak Agung
    Materinya sangat bagus dan menarik sekali.
    untuk paket peralatan lengkap harganya berapa pak.
    Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*