Mengenal Sistem Hidroponik NFT

Dalam video ini ditampilkan contoh sistem NFT sederhana dan sesuai dengan Skema, mulai dari kemiringan, sirkulasi airnya dan contoh distribusi air nutrisinya.

Langsung saja, simak video nya:

 

Tahukah anda… Sistem Hidroponik NFT adalah sistem hidroponik yang paling banyak dipakai untuk kebun hidroponik skala industri?

Sistem Hidroponik NFT dianggap sistem yang paling cocok untuk skala industri karena beberapa keunggulan dibandingkan sistem lain.

Sebelum kita membahas keunggulannya, ada baiknya kita bahas dulu apa itu Sistem Hidroponik NFT.

NFT merupakan kepanjangan dari Nutrient Film Technique , konsep dasar sistem ini adalah mengalirkan nutrisi hidroponik ke akar tanaman secara tipis (film). Tujuan dari pengaliran secara tipis ini adalah supaya akar tanaman bisa memperoleh asupan Air, Oksigen dan Nutrisi yang cukup.

Kebutuhan pokok dari sistem ini adalah Gully yang dipakai sebagai penopang netpot dan untuk mengalirkan air nutrisi, namun bisa diganti menggunakan talang air.

Dari gambar di atas, ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi dari sistem NFT:

  1. Netpot langsung menyentuh dasar Gully/talang sehingga akar atau media tanam langsung teraliri air nutrisi.
  2. Gully dipasang miring agar air nutrisi bisa mengalir secara terus menerus tanpa ada genangan di dalam gully. Kemiringan dari gully biasanya antara 5 – 10 derajat.
  3. Air nutrisi dalam sistem NFT ini dialirkan terus menerus secara tipis dan tidak ada genangan air di dalam gully/talang dan ini adalah yang membedakan dengan sistem hidroponik yang lain.

Seperti yang sudah disampaikan di awal, bahwa sistem NFT ini paling banyak dipakai untuk skala perkebunan besar atau skala Industri karena sistem ini mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

1. Pertumbuhan tanaman lebih cepat dibandingkan dengan sistem lain.

Hal yang paling utama yang menyebabkan pertumbuhan lebih cepat adalah kebutuhan akar tanaman akan Air, Nutrisi dan Oksigen tercukupi. Netpot dan media tanam yang langsung menyentuh ke dasar gully menyebabkan akar bisa langsung terkena aliran nutrisi.

Selain itu, dasar gully yang datar membuat akar lebih leluasa untuk menyebar sehingga penyerapan nutrisi bisa lebih maksimal.

2. Sangat mudah untuk mengontrol keadaan nutrisinya.

Kunci utama dalam hidroponik terletak pada nutrisinya, apabila pemberian dan pengaturan nutrisi bisa terkontrol maka proses pertumbuhannya akan sesuai dengan yang diinginkan. Kontrol nutrisi bisa dilakukan di bak penampungan atau di dalam gully sehingga bisa dipastikan apakah nutrisi terdistribusi dengan baik.

kelebihan dan kekurangan sistem hidroponik nft

3. Resiko pengendapan kotoran di dalam gully sangat sedikit.

Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa air dialirkan secara terus menerus tanpa mengendap di dalam gully. Hal ini sangat menguntungkan karena kotoran ataupun residu nutrisi sangat sedikit sekali yang menempel pada gully.

4. Pertumbuhan tanaman bisa seragam

Nutrisi dan aliran air yang didapatkan masing-masing tanaman yang sama membuat pertumbuhan tanaman di semua bagian menjadi rata dan seragam.

Hal ini juga akan sangat menguntungkan, karena keseragaman ini membuat tanaman akan tumbuh secara optimal sehingga tidak ada tanaman lebih dominan yang dapat mengganggu tanaman yang lebih kecil.

 

Selain 4 kelebihan di atas, sistem hidroponik NFT memiliki beberapa kekurangan:

1. Sistem NFT sangat tergantung dengan listrik.

Air nutrisi harus selalu dialirkan atau disirkulasi ke gully, maka penggunaan pompa listrik harus terus dilakukan untuk memompa air nutrisi ke atas.

Berbeda dengan sistem lain yang ada genangan airnya, jika listrik mati maka tanaman akan kekurangan air dan nutrisi. Maka sistem ini sangat tidak cocok untuk daerah yang sering ada pemadaman listrik.

2. Penyebaran penyakit yang disebabkan oleh jamur pada air akan sangat cepat.

Air nutrisi yang disirkulasi akan membawa serta menyebarkan jamur ke masing-masing tanaman dengan cepat. Jadi ketika salah satu terkena jamur, akan menular ke tanaman yang lain dengan sangat cepat.

3. Investasi untuk pembuatan instalasi tergolong mahal.

Sistem hidroponik NFT ini mengharuskan memakai penopang/gully yang permukaan bawahnya rata. Harga gully untuk pembuatan instalasi ini masih tergolong mahal dan masih susah didapatkan.

 

Sumber: HIDROPONIKPEDIA

Comments

comments

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.